Sumedang Online


BERITA: Jum’at 18 April 2008

Posted in Tak Berkategori oleh sumedangonline pada 22 AprpmFri, 18 Apr 2008 15:27:00 +0000UTC30 2008

Sambil Memproses Pelanggaran Kampanye Pilkada
Panwaslu masih Menunggu laporan Panwascam

SUMEDANG – Panitia Pengawas Pemilu (Pawaslu) Kabupaten Sumedang, kini selain sedang memproses pengaduan yang masuk juga masih menungggu laporan dari 26 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) terkait dengan proses Pilkada 2008 yang telah dilaksanakan, Minggu (13/4) lalu.
Supriatna, yang lebih akrab dipanggil Kris, Ketua Panwaslu Sumedang ketika ditemui, Jum’at (18/4), mengatakan bahwa pengawasan jalannya Pemilihan Bupati/Wakil Bupati (Pilbup) Sumedang 2008-2013 kini tengah memasuki proses penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Menurut dia, seluruh pengaduan telah diproses sebanyak 20 kasus meliputi pelanggran administratif maupun pelanggaran pidana kampanye. “Beberapa kasus sudah kita limpahkan ke kepolisian,” kata Kris.
Dijelaskan, kasus pidana kampanye di antaranya bagi-bagi voucher atau uang dan sengketa pedana kampanye. Sedangkan pelanggaran administratif di antaranya penempatan alat peraga di tempat-tempat terlarang.
Saat ini, lanjut Kris, pihaknya masih melakukan pemeriksaan laporan yang masuk dan masih menunggu laporan dari 26 Panwascam. “Kita tetap melaksanakan tugas seperti biasa walaupun pemungutan suara sudah berakhir,” ujarnya.
Diakui, dalam pelaksanaan tugas selaku pengawas untuk menangani dua even Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jabar dan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati diakui cukup melelahkan.
Pasalnya, lanjut Kris, personel di Panwas ini sangat terbatas. “Bayangkan saja di tingkat kabupaten hanya lima personel dan di tiap-tiap kecamatan hanya tiga orang, Dalam menghadapi dua even besar ini, jelas kita hampir kewalahan,” paprnya.
Namun demikian, selama perjalanan sejak masa persiapan hingga pelaksanaan kampanye, semua tugas dan kewajiban bisa dilaksanakan walapun diakuinya kurang optimlal akibat kuurangnya personel ini.
“Yang jelas, saya sebagai warga Sumedang merasa bangga atas partisipasi masyarakat yang telah mampu melaksanakan Pilkada dalam suasana yang cukup kondusif. Ini semua berkat kesadaran masyarakat yang cukup tinggi,” kata Kris.***

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: