Sumedang Online


FEATURES : Don – Top

Posted in Tak Berkategori oleh sumedangonline pada 22 ApramFri, 18 Apr 2008 08:01:00 +0000UTC30 2008

Pasangan Dr H Don Murdono, SH, MSi – Taufiq Gunawansyah, SIP, Pemenang Pilkada 2008

SUMEDANG – Pasangan Don Murdono – Taufiq Gunawansyah atau yang lebih beken disebut “Don – Top” ini, pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati/Wakil Bupati Sumedang 2008 yang diselenggarakan Minggu, 13 April 2008, dipastikan berhasil meraup kemenangan atas pesaingnya pasangan H Endang Sukandar – H Dony Ahmad Munir (Esa – Doam) dengan selisih angka mencapai puluhan ribu suara.
Dengan demikian pasangan Don – Top dipastkan pula bisa menempati kursi kepemimpinan di Kabupaten Sumedang untuk lima tahun kedepan, 2008 – 2013. Untuk Don Murdono yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumedang ini, kemenangan ini merupakan kemenangan yang kedua kalinya, sebab dalam Pilkada 2003 silam, ia berhasil menduduki kursi Bupati Sumedang (2003 – 2008).
Sementarara Taufiq Gunawansyah, Ketua DPRD Sumedang yang juga Ketua DPD Partai Golkar Sumedang, kemenangan ini merupakan awal keberangkatannya memasuki dunia eksekutif setelah dua periode menjadi anggota legislatif (DPRD) Sumedang.
H Don Murdono dilahirkan di Kendal (Jawa Tengah), 15 Oktober 1958. Sedangkan Taufiq Gunawansyah dilahirkan di Sumedang, 11 November 1968.
Pasangan Don – Top ini tampil dalam Pilkada 2008 yang digabung dengan Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat tersebut, mendapat dukungan dari 11 partai politik masing-masing PDIP, Partai Golkar, PKS, PKB, PBR, Partai Patriot Pancasila, PPD, PBSD, PKPI, PNBK, dan PDS.
Berikut ini ringkasan Visi, Misi, Strategi dan Kebijakan yang disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD, Kamis 27 Maret 2008. Tentu saja, setelah berhasil memenangkan Pilkada yang baru dalam tahap buka pintu ini, setelah pelantikan 5 Juli 2008, pasangan ini akan dituntut untuk merealisasikan visi, misi, maupun strategi kebijakannya dalam kurun waktu lima tahun ke depan.
VISI yang dilahirkan yakni “Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat dalam Rangka Akselerasi Pencapaian Visi Sumedang 2005 – 2025.” Visi ini, katanya, didasarkan pada gambaran umum, isu-isu strategis dan kondisi yang dihadapi Sumedang saat ini, serta memperhatikan Visi Daerah (Perda No 2/2008)) yakni Kabupaten Sumedang Sejahtera, Agamis dan Demokratis pada Tahun 2025.
Yang dimaksud Peningkatan Pelayanan, adalah suatu kondisi peningkatan kualitas berbagai aspek penyelenggaraan pelayanan publik baik secara administratif yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah bagi seluruh warga masyarakat Sumedang yang lebih memuaskan (murah, mudah, terjangkai, tepat waktu, dan berkeadilan) sesuai dengan kebutuhan.
Sedangkan yang dimaksud Kesejahteraan Masyarakat, adalah terwujudnya suatu kondisi kesejahteraan masyarakat melalui penenuhan kebutuhan dasar di bidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan kehidupan yang layak bagi masyarakat, serta pemenuhan kebutuhan sarana prasarana infrastruktur daerah untuk mendorong aktifitas perekonomian daerah dalam rangka pembangunan berkelanjutan.
Sedangkan MISI pasangan Don – Top ini, disesuaikan berdasarkan Visi dan penjelasnnya yang telah dirumuskan
menjadi:
1. Mewujudkan kualitas SDM masyarakat yang unggul dan
berakhlak mulia berlandaskan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2. Meuwujudkan kualitas aparatur dan manajeman
pemerintahan daerah yang semakin baik;
3. Mewujudkan ketahanan pangan dan perekonomian
daerah yang tangguh yang bertumpu pada potensi
sumberdaya daerah secara berkelanjutan;
5. Mewujudkan tata kelola lingkungan yang semakin baik

Kecuali itu, Strategi dan Kebijakan dituangkan kedalam enam poiint penting, yakni:
1 Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang sehat,
cerdas, produktif dan berdaya saing
2. Meningkatkan kompetensi aparatur dan kapasitas
manajemen pemerintahan
3. Meningkatkan dan memperkokoh perekonomian rakyat
4. Meningkatkan pengendalian dan pemulihan kualitas
lingkungan dan manajemen bencana
5. Meningkatkan pegelolaan, pengembangan dan
pengendalian infrastruktur daerah
6. Meningkatkan kemandirian energi dan kecukupan air.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: