Sumedang Online


Dakhwah Visual Pengajian Karang Taruna RW 05 Perum Asabri Sindang Tamansari Sumedang

Posted in Tak Berkategori oleh sumedangonline pada 22 AprpmSat, 26 Apr 2008 23:54:25 +0000UTC30 2008

SUMEDANG – Kegiatan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna RW 05 Perum Asabri Sindang Tamansari di Desa Jatimulya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jabar, terbilang luar biasa.
Tengok saja kegiatan seksi pembinaan agama Islam, sejak tahun 2000 hingga sekarang mampu mempertahankan kegiatan pengajian rutin setiap malam Minggu yang dipusatkan di Mesjid Al Ikhlas, Perum Asabri Sindang Tamansari.
Pengajian disini tampaknya lebih modern. Soalnya, di samping diisi khutbah dari beberapa Ustadz, juga senantiasa membahas isu-isu yang mejadi sorotan publik, terututama yang terkait masalah generasi muda dan Islam.
Aria Auora, Ketua Karang Taruna RW 05 Perum Asabri Sindang Tamansari ketika ditemui endynews, Sabtu (26/4) malam, menjelaskan salah satu kegiatan karang taruna yang dipimpinnya, memang sejak tahun 2000 telah menggelar “dakwah visual”.
“Artinya, kita tidak hanya mengisi rohani melalui dakwah para ustadz, namun kita tampilkan beberapa issue central terutama yang menyangkut Islam,” katanya.
Menurut dia, para pemuda di Lingkungan Perum Asabri, sengaja diperkenalkan dengan berbagai tantangan Islam melalui bukti-bukti visual (video) yang ditayangkan mempergunakan TV atau in focus.
“Kita ingin memperlihatkan betapa kuatnya provokasi untuk menghacurkan ummat Islam khususnya kalangan muda. Misalnya saja, malam minggu lalu kita putar video film Fitna. Kita bahas bersama-sama,” paparnya.
Pada Sabtu (26/4) malam pun pengajian yang menampilkan Ustadz Moch Irfan, SPd, Ustadz M Insan Abdurohman, SAg, pada sesi teraikir dipertontonkan film dokumenter aliran-aliran atau pemikiran-pemikiran yang merusak aqidah generasi muda Islam khususnya di Tanah Air.
“Disana kita bukan hanya menonton bukti-bukti dahsyatnya tantangan bagi ummat, melainkan kita bahas bersama nara sumber bagaimana seharusnya para pemuda remaja mesjid Al Ikhlas khususnya bersikap,” tandasnya.
Pengajian atau “dakwah visual” ini, terang Aria, justru mendapat dukungan dari pengurus DKM Al Ikhlas yang dipimpin Drs H Zaenal Alimin MM, juga masyarakat RW 05 Perum Asabri Sindang Tamansari.
Diakui, perjalanan pengajian Karang Taruna RW 05 ini, memang mengalami pasang surut dalam kuantitas kehadiran pemuda dalam pengajian ini.
“Yang pasti, melalui kegiatan olahraga dan pengajian ini, pemuda disini bisa menyatu dan memiliki dasar-dasar agama yang kuat. Alhamdulillah, setiap ada permasalahan pemuda atau masyarakat, kita bahas bersama untuk menyikapinya,” ungkap Aria.
Di bagian lain disebutkan, pada pengajian tersebut diakhiri dengan Do’a Bersama atas suksesnya Pemilihan Bupati/Wakil Bupati (Pilbup) Sumedang, 13 April 2008 lalu, yang dimenangkan pasangan H Don Murdono – Taufiq Gunawansyah (Don-Top).
“Bagi kami siapapun yang memimpin Sumedang, kita serahkan kepada Alloh SWT. Sekarang yang menang Don-Top, ya kita ucapkan selamat,” paparnya.
Karenanya, dalam pengajian tersebut para pemuda Karang Taruna 05 tentu saja berharap kepada Alloh SWT, agar dalam era kepemimpinan Do-Top – periode 2008 – 2013 –
masyarakat Sumedang bisa lebih maju dan sejahtera.
“Kita berharap pula kepada pasangan Don – Top bisa lebih serius memperhatikan generasi muda. Sebab, bagaimanapun kaum muda adalah calon-calon pemimpin di masa mendatang, tolong perhatikan kami,” harapnya.
Kepengurusan Karang Taruna RW 05 Perum Asabri Sindang Tamansari: Aria Aurora (Ketua); Syaeful Rohmat (Sekretaris); Riskeu Yunita (Bendahara).
Linga Quasar Graha (Sie Pembinaan Agama Islam); Wahyu (Sie Sepakbola); Farid (Sie Bolavoli); Diki, Ede, Mul dan Adit (Sie Umum). *** endynews

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: