Sumedang Online


Berita Dari Sumedang

Posted in Tak Berkategori oleh sumedangonline pada 22 MeiamSat, 03 May 2008 09:37:58 +0000UTC31 2008

RS Pakuwon Sumedang, Kini Genap Berusia 7 Tahun

SUMEDANG – Rumah Sakit (RS) Pakuwon di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu 30 April 2008, genap berusia 7 tahun. Satu-satunya rumah sakit swasta di Kota Tahu ini, bukan hanya penampilannya yang kian “wah” tetapi justru pelayanannya kian meningkat dan telah mampu membangun kepercayaan masyarakat.
Maklum saja, pendiri RS Pakuwon ini tak lain adalah dr H Noerony Hidaya, mantan Direktur RSUD Sumedang dan juga mantan Direktur RS Al Ikhsan Bandung.
Itulah sebabnya, dengan sarana dan fasilitas pelayanan, seperti rawat jalan meliputi Klinik Umum, Klinik Gigi, Klinik Fisoterapi, Klinik Spesialis penyakit dalam, penyakit anak, bedah, syaraf, THT, kulit dan kelamin.
Selain itu Pelayanan Siaga 24 jam yakni pelayanan Gawat Darurat, Ambulance dan laboratorium.Pelayanan penunjang lainnya berbentuk Depo Farmasi, Pemeriksaan Laboratorium.
Pelayanan Tindakan Medik Operatif yakni bedah umum; bedah gigi dan mulut; bedah THT; dan ODS(one day surgery). Pelayanan penunjang diagnostik yakni X-Ray; CT-Scan; Panaromic; USG; EKG; dan Fisioterapi. Dan, Pelayanan Khusus meliputi High Care Unit (HCU); Medical Check Up; Pemeriksann Calon Haji; Screening Test; Depo Farmasi; dan Unit Diabetes.
“Alhamdulillah, perkembangan RS Pakuwon dari tahun ke tahun semakin baik dan kpercayaan masyarakat terus meningkat baik dari dalam kota maupun luar kabupaten,” kata dr H Noerony.
Diakui, untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat tersebut memang dirasakan cukup memerlukan perjuangan panjang. “Tetapi yang paling pokok adalah niat kita untuk beribadah kepada Alloh SWT. Ini modal yang paling utama,” jelasnya.
Menurut dr Noreony, dengan mengandalkan gaji pensiun dan kegiatan praktek sebagai dokter umum, ia sebenarnya bisa mencukupi kebutuhan keluarga.
“Cuma saya ingin berbuat sesuatu kepada masyarakat terutama di bidang pelayanan kesehatan. Alhamdulillah, selain bisa ikut dalam upaya pelayanan kesehatan juga bisa menampung tenaga kerja,” ungkapnya.
Dijelaskan, RS Pakuwon adalah salah satu sarana yang dapat menggali potensi peran serta masyarkat dalam menyelenggarakan pembangunan di bidang kesehatan.
Terbukti, dalam membantu program pemerintah dalam penyaluran tenaga kerja dari berbagai disiplin ilmu, pelayanan yang diberikan RS Pakuwon, dilandasi dengan motto IKHSAN.
Lebih jauh dijelaskan, IKHSAN berarti Ilmu yang dilandasi keianan dalam memberikan pelayanan kesehatan sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kualitas Pelayanan yang diberikan adalah yang terbaik sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan untuk menjamin kesembuhan pasien. Hemat dalama memenuhi proses penyembuhan pasien.
Salam, Senyum, Sabar, Sopan Santun, Sensitif, adalah sikap yang diutamakan dalam setiap pelayanan. Asri dan Aman dengan lingkungan yang indah, berih dn tertib di lingkungan perawatan. Nyaman Pelayanan perawatan serasa di rumah sendiri.
Sedangkan fsilitas Rawat Inap Kelas VIP+; Kelas VIP; Kelas I; Kelas II; Kelas III; dan HCU. “Mudah-mudahan saja keberadaan RS Pauwon ini bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” kata dr Noerony.
Puncak acara peringatan HUT ke-7 RS Pakuwon yang digelar di Graha Insun Medal (GIM) ini dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Sumedang H Atje Arifin Abdullah, SH, SIP, MSi dan sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Sumedang.
Tentu saja, sebagai bentuk syukuran, RS Pakuwon membagi-bagikan puluhan paket Sembilan Bahan Pokok (Sembako) bagi masyarakat yang kurang beruntung dalam perekonomian.
Selain itu dalam peringatan Ultah RS Pakuwon tahun 2008 ini, diselenggarakan pula kegiatan Donor Darah, bekerjasama dengan PMI Cabang Sumedang.
Menurut Sekda H Atje Arifin Abdullah, Pemkab sangat mendukukung upaya yang dilakukan RS Pakuwon. Bahkan,
keberadaannya justru sangat dibutuhkan masyarakat.
“Memang kepercayaan masyarakat ini yang perlu diperlihara dan ditingkatkan dengan tetap mengedepankan pelayanan yang terjangkau masyarakat,” katanya.***EndyNews

LPKPS3 hanya Lembaga Pengkajian
Fasilitaor Pemerintan dan Msyarakat

SUMEDANG – Berdirinya LPKPS3 (Lembaga Pengkajian Kebijakan Pemerintah Sumedang Sehat Sejahtera) jangan buru-buru dicurigai. Sebab lahirnya lembaga ini justru untuk
menjadi fasiltator antara aspirasi masyarakat dan Pemkab.
Hal itu dilontarkan dr Noerony Hidayat, saat launching LPKPS3 di sela-sela peringatan HUT ke-7 Rumah Sakit Pakuwon, Sumedang, Jawa Barat di GIM, Rabu (30/4).
Diakui, sejak diirikannya LPKPS3 5 April 2008 ini, telah ada yang memberikan komentar yang menilai bahwa lembaga ini hanya ditujukan untuk mengkritisi kebijakan pemerintah daerah.
Di hadapan undangan Ultah RS Pakuwon yang dihadiri pula Ketua DPRD Sumedang (non aktif) Taufiq Gunawansyah, SIP (saat ini telah menjadi Calon Wakil Bupati Sumedang Terpilih), Sekretaris Daerah H Atje Arifin Abdullah, SH, SIP, MSi dan sejumlah pejabat teras Pemkab, dr Noerony mencoba meluruskan penilaian tentang LPKPS3 ini.
Dijelaskan, LPKPS3 yang dipimpinnya ini merupakan organisasi kemasyarakatan, bukan organisasi politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis.
Lebih jauh dr Noerony mengatakan, bahwa LPKPS3 didirikan dengan tujuan yang jelas, yakni melakukan pengkajian terhadap semua kenijakan yang ditetapkan pemerintah. Melakukan penelitian dan menelaah hingga sejauhmana kebijakan pemerintah bermanfaat bagi masyarakat.
Selain itu, lanjutnya, mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam prgram-program pemerintah dalam bidang kesehatan, pem

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: